Sunday 26 July 2015

Fungsi Tombol Windows di Keyboard

"Anda mengetahui tombol Windows?"

"Tentu saja!"

"Apakah tombol tersebut cukup familiar?"

"Ya." 


Mungkin sebagain orang yang memang pengguna komputer khususnya dengan OS Windows akan menjawab pertanyaan tersebut dengan hal yang sama.

Tombol windows pada keyboard memang merupakan tombol yang cukup familiar bagi pengguna windows. Namun yang disayangkan adalah tombol tersebut barangkali jarang sekali terpakai oleh penggunanya. Jikalaupun terpakai mungkin hanya berfungsi sebagai pembuka menu start secara praktis atau cepat. 

Apakah anda mengira tombol tersebut tidak memiliki fungsi lain selain daripada itu? Tentu saja tidak. Bagi yang belum mengetahui informasinya, mari simak penjelasan di bawah ini!

Tombol Windows yang tertera pada keyboard bukannya tak memiliki fungsi. Selain berfungsi sebagai shortcut ke menu start, tombol Windows memiliki beberapa fungsi cepat lainnya layaknya CTRL dan ALT yang sudah diketahui banyak orang.

Mengutip laman Microsoft, Minggu (26/7/2015), ada beberapashortcut yang dapat dilakukan menggunakan tombol Windows. Sesuai fungsinya yakni sebagai shortcut, tombol Windows ini berfungsi membuat lebih mudah untuk berinteraksi dengan beberapa program yang ada.

Adapun beberapa shortcut dengan tombol Windows yang dapat diterapkan, yakni Windows + D, di mana shortcut ini dapat membantu membersihkan aplikasi atau program yang berjalan di desktop dan kembali ke desktop. Kemudian, Windows+E berguna untuk membuka Explorer, Windows + F yang berguna untuk mencari file atau folder.

Selanjutnya, Windows + M memiliki fungsi me-minimize semua windows, Windows + Down Arrow berfungsi untuk minimize windows yang sedang dibuka, Windows + Up Arrow berfungsi Up Arrow. Jika Anda sedang terburu-buru dan tak sempat untuk mengunci komputer, Anda hanya perlu menekan Windows + L.

Lebih lanjut, Shift + Windows + M untuk undo semua minimize, Windows + Tab terdapat fungsi cycle untuk tombol task bar, dan Windows + F1 untuk membukan Help.

OPINI
Tentu saja setiap yang telah dibuat pasti memiliki fungsi. Maka kenalilah fungsi-fungsi dari setiap apa yang Anda gunakan, agar bermanfaat dengan tepat dan juga dapat mengefisienkan keadaan sesuai dengan fungsinya. 


Sumber :

No comments:

Post a Comment