Wednesday 9 July 2014

Edelweis

Anaphalis Javanica, yang dikenal secara populer sebagai Edelweiss Jawa (Javanese Edelweiss) atau Bunga Senduro, adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Nusantara. Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 8 meter dan dapat memiliki batang sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 meter. Tumbuhan ini sekarang dikategorikan sebagai langka.



Beberapa tempat terbaik di pegunungan Indonesia untuk melihat edelweis adalah di Tegal Alun (Gunung Papandayan), Alun-Alun Surya Kencana (Gunung Gede), Alun-Alun Mandalawangi (Gunung Pangrango), dan Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani).

Banyak bagian-bagian edelweis sering dipetik dan dibawa turun dari gunung untuk alasan-alasan estetis dan spiritual, atau sekedar kenang-kenangan oleh para pendaki. Tidak hanya itu, ada pula orang yang sengaja datang hanya untuk mengambil satu batang edelweis agar untuk bisa ditanam di rumah.

Oleh karena hal tersebut, berikut ini akan saya jabarkan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh Jelajah Gunung.
T : Saya ingin memiliki satu batang tanaman edelweis untuk saya tanam di rumah. Bagaimana caranya?
J : Sejauh ini tanaman edelweis membutuhkan agroklimat yang sangat ekstrem. Tanaman ini membutuhkan suhu dingin dan tempat yang tinggi. Untuk membudidayakannya, anda harus mempunyai lokasi yang mirip habitat aslinya. Perlu ruangan khusus, suhu tertentu, intensitas sinar matahari, dan lain - lain.
Jadi urungkan saja niat anda, Karena menikmati bunga edelweis lebih indah dan nyaman dengan latar belakang awan dan kabut daripada menaruhnya di pojok ruangan.
Sudah tahu 'kan jawabannya? Jadi, mari selamatkan kehidupan sang bunga abadi demi anak cucu kita nanti. Selamat beraktivitas! :D


Sumber : 

No comments:

Post a Comment