Friday 13 June 2014

Proposal Penulisan Ilmiah

PROPOSAL PENULISAN ILMIAH



APLIKASI MOBILE PHONE
JELAJAH INDONESIA TIMUR BERBASIS ANDROID
MENGGUNAKAN ECLIPSE





Diana Nur Amalina
18111492
3KA22






Universitas Gunadarma
2014


1. PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
Saat ini, perkembangan teknologi di dunia sudah bisa terbilang sangat pesat. Salah satu faktor terbesar dari perkembangan teknologi yang pesat itu adalah karena adanya efek dari globalisasi. Globalisasi menyebabkan banyak manusia menjadi makhluk yang konsumtif akan teknologi yang canggih dan menarik.
Di Indonesia, perkembangan teknologi juga telah berevolusi dengan cukup baik. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang memilih untuk mulai menggunakan teknologi mobile berbasis android yang sudah banyak di pasarkan sekarang ini.
Android merupakan sebuah operating system yang mendukung era open source dan menjanjikan kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan aplikasi yang seseuai dengan keinginan dan juga bisa dikembangkan. Hingga saat ini, pemakaian teknologi smartphone, tablet dan sejenisnya sudah menjadi suatu kebutuhan yang lumrah di masyarakat luas.
Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah. Berada di level negara berkembang menjadikan Indonesia sedang berusaha maju di segala bidang. Tidak hanya di bidang teknologi, bidang pariwisata pun begitu.
Masalah yang terjadi pada bidang pariwisata di Indonesia adalah banyaknya objek wisata indah yang bisa dikunjungi, namun tidak menjadikan Indonesia lebih dikenal di dunia luar. Hal tersebut dapat terjadi karena kurang tereksploritasinya tempat-tempat wisata tersebut.
Berdasarkan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1993, wilayah Indonesia dibagi menjadi dua kawasan pembangunan, yaitu Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia. Kawasan Barat Indonesia (KBI) terdiri dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Bali. Sedangkan Kawasan Timur Indonesia (KTI) terdiri dari Sulawesi, Maluku, Irian/Papua, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
Dilihat dari kecenderungan pembangunan yang terjadi di dua kawasan tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa Kawasan Barat Indonesia terlebih untuk provinsi-provinsi di Pulau Jawa pada umumnya mengalami perkembangan yang lebih pesat dibandingkan dengan provinsi lainnya di luar Jawa.
Apabila dihubungkan dengan kondisi pariwisatanya, tentu akan lebih banyak angka wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Barat Indonesia. Hal tersebut terjadi karena selain perkembangan di kawasan itu cukup pesat, promosi untuk pariwisatanya pun juga terhitung sangat baik.
Lain halnya dengan kondisi yang terjadi di Kawasan Timur Indonesia. Perkembangan memang tidak sebaik yang terjadi di Kawasan Barat, namun sebenarnya untuk objek wisata yang dimiliki kawasan ini, tidak kalah dengan yang dimiliki Kawasan Barat. Bahkan pada kawasan ini, objek wisata bisa terbilang masih alami dan belum tersentuh oleh tangan jahil manusia. Sangat disayangkan apabila untuk wilayah indah yang sangat berpotensi besar menjadi tempat pariwisata berskala internasional dan dapat mendantangkan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara ini kurang dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah lokal atau pun pusat.
Oleh karena hal tersebut, maka penulis ingin membuat aplikasi informasi berbasis android mengenai tempat wisata di Indonesia Bagian Timur menggunakan Eclipse, yang mana dengan dibuatnya aplikasi tersebut dapat membantu masyarakat luas untuk lebih mengenali wilayah-wilayah bagian timur Indonesia, sehingga akan lebih tergerak hatinya agar dapat berkunjung ke sana.

1.2    Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis membatasi masalah hanya mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Kawasan Indonesia Bagian Timur saja, yaitu meliputi Sulawesi, Maluku, Irian/Papua, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Semua objek wisata di pulau, provinsi, dan kota-kota besar di wilayah Indonesia bagian timur tersebut berikut dengan penjelasan mengenai sejarah dan lokasi juga dilengkapi dengan foto-foto keindahan alamnya akan tercakup di dalamnya.

1.3    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah membuat aplikasi berjudul “Jelajah Indonesia Timur” berbasis android menggunakan Eclipse yang dapat membantu masyarakat pengguna android untuk mengenal objek wisata di wilayah Indonesia bagian timur. Selain itu, aplikasi ini dibuat untuk memberikan informasi secara mudah dan menarik mengenai tujuan objek wisata bagian timur dari Indonesia. 

1.4    Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
1.      Analisis
Pada tahap analisa, penulis melakukan studi pustaka dengan cara, mempelajari beberapa buku tentang tempat-tempat wisata di Indonesia Timur yang dapat menunjang dalam pembuatan aplikasi. Selain itu, penulis juga mencari informasi melalui media internet untuk menambah informasi dari tema yang diambil.
2.      Perancangan
Pada tahap perancangan, penulis merancangkan proses pembuatan aplikasi menggunakan struktur navigasi, dan membuat rancangan tampilan aplikasi.
3.      Implementasi
Penelitian ini membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk membantu mendukung dalam menyelesaikan aplikasi berbasis android ini. Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut :
a.       Hardware, dengan spesifikasi :
·         Processor Intel(R) Pentium(R) CPU P6200 @ 2.13GHz 2.13 GHz
·         RAM 2,00 GB (1,87 GB usable)
·         32-bit Operating System
·         Hardisk 320 GB (282 GB usable)
b.      Software, dengan spesifikasi :
·         Java Development Kit (JDK) versi jdk-7u40-windows-i586
·         Eclipse Galileo
·         Android SDK Manager

1.5    Sistematika Penulisan
Penulisan ilmiah ini secara garis besar akan dibagi ke dalam empat bab. Gambaran umum tentang isi dari setiap bab pada penulisan ini akan dijelaskan sebagai berikut:

Bab I :  Pendahuluan
            Bab ini menjelaskan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan,  metode penelitian, dan sistematika penulisan.

Bab II :  Landasan Teori
            Bab ini menjelaskan landasan teori tentang pariwisata Indonesia, objek wisata Indonesia Timur, Java, Android, Eclipse IDE, XML, dan struktur navigasi.

Bab III :  Pembahasan
            Bab ini berisi tentang pembahasan aplikasi, mulai dari perancangan aplikasi, langkah-langkah pembuatan aplikasi, pengimplementasian aplikasi, dan cara menjalankan aplikasi.

Bab IV : Penutup
            Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang diperoleh dari pembahasan dalam penulisan ini untuk penyempurnaan dan pengembangan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment