Wednesday 9 July 2014

Terapi Air Terjun Di Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional (TN) Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, bukan hanya sekadar tempat pemandian saja. Melainkan, banyak orang yang datang untuk melakukan terapi air untuk pijat. Sejuknya air terjun Bantimurung yang bersumber dari Gunung Bulusaraung dengan suhu dingin yang menembus kulit membuat banyak orang menyenangi tempat pemandian itu.


Pengunjung TN Bantimurung melakukan Terapi Air Terjun. Kompas.com/Hendra Cipto
Perjalanan dari Kota Makassar ke TN Bantimurung dengan jarak sekitar 40 kilometer dapat ditempuh dalam 2 jam perjalanan. Banyak pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia dan wisatawan mancanegara pun mendatangi pusat air terjun. Berdiri, maupun duduk di bawah air terjun yang cukup deras yang menimpa tubuh kita membawa sensasi luar biasa. Serasa, bagian tubuh yang tertimpa air terjun terpijat. Itulah kenikmatan yang dirasakan para pengunjung yang melakukan pijat air terjun Bantimurung.

Sehabis menikmati terapi air terjun, pengunjung bisa menikmati dinginnya air terjun di telaga. Di situ, pengunjung bisa berenang dan menyelam menggerakkan seluruh tubuh untuk merenggangkan seluruh urat serta persendian. Selain pijat air terjun dan berenang di telaga air dingin, pengunjung bisa bersantai di gazebo sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah.

Tak sedikit pengunjung membawa ikan dan membakarnya di bebatuan tepi telaga terakhir yang disiapkan oleh pengelola. Pokoknya asyik, dijamin pengunjung TN Bantimurung puas. Hanya merogoh uang Rp 20.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 2.000 uang parkir kendaraan. Di dalam TN Bantimurung pun disiapkan flying fox yang disewakan seharga Rp 20.000 sekali meluncur. Ikut juga disiapkan beberapa permainan anak-anak seperti kereta putar dengan biaya sewa Rp 5.000.

Di sela-sela menikmati keindahan alam TN Bantimurung yang dipenuhi berbagai macam dan jenis kupu-kupu, pengunjung bebas mengabadikannya dalam bentuk foto dan video. Sepulang dari rekreasi menikmati air terjun Bantimurung, di luar area TN pengunjung bisa berbelanja suvenir. Mulai dari gantungan kunci hingga hiasan dinding dalam bentuk bingkai bisa dijadikan oleh-oleh kerajinan masyarakat Bantimurung. Harganya pun terjangkau, mulai dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah.

Jika datang dan berkunjung ke Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk menyempatkan singgah terlebih dulu ke TN Bantimurung untuk mencoba sensasi terapi air terjun dan menikmati keindahan alamnya. Salam, Traveler Sejati.


Sumber :
http://travel.kompas.com/read/2014/06/14/1826250/Menikmati.Dinginnya.Air.Terjun.di.TN.Bantimurung

No comments:

Post a Comment